.

Sebuah rumah ideal adalah rumah yang bisa memenuhi kebutuhan penghuninya. Dengan terpenuhi kebutuhan dari fungsi rumah, akan membuat kita nyaman menghuninya. Mulai dari ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi, dapur dan ruangan lainnya. Denga adanya fasilitas tersebut tentu berguna untuk keindahan dan kenyaman Anda. Bagi kita umat Muslim, tentu sangat penting memiliki mushola sebagai ruangan khusus untuk beribadah. Walaupun sholat dan membaca Al Qur’an dapat dilakukan di kamar tidur atau ruang tamu/keluarga, apabila memiliki mushola sendiri di rumah, insya Allah ibadah akan lebih khusuk. Anda dapat mendesain mushola minimalis di dalam rumah.

Memiliki mushola di dalam rumah, selain Anda dapat beribadah dengan lebih khusuk, dapat sholat berjamaah dengan keluarga, Anda juga tidak bingung jika ada tamu yang hendak sholat.

Membuat mushola minimalis di dalam rumah sebenarnya tidak terlalu sulit. Anda dapat menggunakan ruangan yang ada di dalam rumah dan dengan sedikit sentuhan, Anda dapat memiliki mushola minimalis yang nyaman.

Berikut KPRSyariah sajikan design mushola minimalis di dalam rumah yang simpel namun berguna.

Design Mushola Minimalis di Dalam Rumah

Sebelum Anda membuat mushola minimalis, berikut kami sampaikan tips-tips yang mungkin dapat bermanfaat untuk Anda.

Tips Desain Mushola Minimalis Dalam Rumah :

  1. Anda dapat memilih ruang untuk mushola yang bisa memberikan kenyamanan saat beribadah. Penempatan mushola akan berhubungan dengan tata ruang rumah Anda.
  2. Pada umumnya, ukuran mushola minimal 70 cm x 140 cm (ukuran sajadah dewasa). Jika Anda menginginkan desain mushola yang lebih besar, buatlah yang sesuai dengan jumlah penghuni rumah.
  3. Berilah tanda arah kiblat agar anggota keluarga, kerabat atau tamu yang hendak sholat di dalam mushola tidak bingung. Pastikan Anda tidak membuat pintu yang berhadapan langsung dengan arah sholat.
  4. Pastikan lantainya terbuat dari material yang tidak licin dan mudah dibersihkan. Anda dapat menambahkan karpet supaya lebih nyaman.
  5. Gunakan aksesoris sederhana yang tidak mencolok agar tidak menganggu kekhusukan saat sholat. Hindari penggunaan aksesoris yang berlebihan.
  6. Anda dapat menambahkan furniture seperti lemari dan rak buku. Letakkan lemari dan rak buku yang mudah dijangkau namun tidak menganggu ibadah.
  7. Pilihlah warnah ruangan yang menyejukkan mata, seperti hijau muda, krem, biru muda dan putih.
  8. Anda dapat menggunakan pencahayaan alami agar mushola minimalis terkesan tenang dan ventilasi udara lancar sehingga ruangan tidak lembab. Anda dapat menggunakan genteng kaca, atau jendela. Gunakan lampu yang terang jika mushola di rumah juga Anda gunakan untuk mengaji.
  9. Sebaiknya Anda tidak memasang jendela yang dapat membuat terlihatnya mushola dari luar rumah. Jika memang ingin memasang jendela, Anda dapat gunakan jendela kaca reflective, kaca es atau lainnya yang tidak tembus pandang dan tetap transparan.
  10. Jika masih ada tempat, Anda dapat juga membuat tempat wudhu yang dekat dengan mushola, namun pastikan air cipratannya tidak membasahi mushola.

Tempat Wudhu Minimalis

Berwudhu biasanya dilakukan di dalam kamar mandi, tempat mencuci atau taman. Apabila rumah Anda memungkinkan untuk membuat tempat wudhu khusus, tentu akan lebih baik karena terhindarkan dari najis.

Tempat yang paling cocok untuk area berwudhu yaitu berdekatan dengan mushola. Selain kebersihan, pasokan air juga harus diperhatikan.

Berikut design tempat wudhu minimalis yang bisa dipadupadankan dengan design mushola minimalis di dalam rumah :

Semoga artikel 24 Design Mushola Minimalis di Dalam Rumah bermanfaat. Jika Anda kesulitan untuk merancang desainnya, Anda dapat menggunakan jasa arsitek untuk hasil yang maksimal sesuai dengan keinginan Anda. Selamat mendesain mushola minimalis di rumah Anda.

0 Komentar