Sedang marak saat ini, rumah dengan design lantai mezzanine. Banyak developer yang menawarkan hunian dengan gaya tersebut. Mezzanine merupakan istilah bagi sebuah lantai tambahan di dalam bangunan. Posisi mezzanine biasanya dibangun di tengah dua lantai, antara lantai dasar dengan langit-langitnya. Luas lantai mezzanine hanya sekitar sepertiga dari luas ruangan tempat ia dibangun.

Mengenal Lantai Mezzanine

Mezzanine berasal dari bahasa Italia dengan sebutan “Mezzano” yang artinya tengah.

Rumah mezzanine berarti ada sebuah ruangan tambahan yang terletak di antara lantai serta plafon. Rumah dengan desain mezzanine sangat populer pada hunian modern di perkotaan. Area ini bertujuan untuk menambah ruangan tanpa harus membuat lantai tambahan.

Manfaat Lantai Mezzanine

Menggunakan design lantai mezzanine di rumah merupakan salah satu solusi untuk memaksimalkan area dan membuat ruangan lebih fungsional. Berikut ini beberapa manfaat menerapkan mezzanine di rumah Anda.

  1. Lantai mezzanine memungkinkan Anda untuk mendapatkan ruang tambahan tanpa mengeluarkan biaya yang besar.
  2. Lantai mezzanine dapat digunakan sebagai area penyimpanan, kamar tidur tambahan, ruang kerja, ruang bersantai, ruang anak-anak, mushola, perpustakaan, dan lain sebagainya.

Tips Membangun Mezzanine di Rumah

Sumber: Brett Zamore Design

Sebelum membangun lantai mezzanine di dalam rumah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan menjadi pertimbangan Anda.

Luas Ruangan

Sumber : Brett Zamore Design

Ukuran lantai mezzanine idealnya sepertiga dari luas ruangan. Jadi Anda harus memperhatikan tinggi langit-langit rumah. Jika langit-langit rumah Anda tergolong pendek, lantai mezzanine akan membuat ruang terlihat semakin sempit. Kepala akan mudah terbentur, sirkulasi udara juga terganggu sehingga hawa ruangan menjadi panas dan sumpek.

Fungsi

Sumber : Brett Zamore Design

Jika lantai mezzanine cukup luas, Anda dapat manfaatkan sebagai kamar anak-anak, ruang kerja, studio, mushola atau ruang bersantai. Jika luasnya terbatas, maka lantai tambahan ini dapat digunakan sebagai perpustaan atau sudut untuk membaca atau ruang penyimpanan.

Tinggi

Sumber : ruangarsitek.id

Tinggi ruangan harus diperhatikan supaya mezzanine tidak terlihat menyesakkan. Tinggi minimal ruangan tempat mezzanine dibangun adalah 440 cm, karena mezzanine akan mengambil bagian sekitar 210 cm termasuk langit-langit.

Pencahayaan dan Udara

Sumber : arsitag.com

Pencahayaan di ruang mezzanine sebaiknya disesuaikan dengan fungsi mezzanine, supaya tidak terganggu ruangan lain. Anda dapat membuat sebuah jendela di salah satu sisi lantai mezzanine agar sirkulasi udara dan cahaya dapat masuk ke dalam rumah. Atau Anda dapat menggunakan lampu yang cahayanya dapat disesuaikan menurut fungsi ruangan.

Material

Sumber : ruangarsitek.id

Lantai mezzanine tetap merupakan bagian dari bangunan rumah dan menjadi ruangan yang digunakan sehari-hari oleh penghuni rumah. Material yang dipilih tidak boleh sembarangan.

Ada empat material pilihan yang dapat Anda gunakan yaitu kayu, beton, baja dan besi. Kayu kualitas baik dan ketebalan yang cukup dapat membuat mezzanine berdiri dengan kuat. Beton sering diandalkan karena kekuatannya. Besi dan baja merupakan material yang mudah diaplikasikan. Apapun materialnya, sesuaikan dengan interior rumah agar hunian tetap cantik dan menyatu dengan kontruksi bangunan rumah.

Tangga

Sumber : planete-deco.fr

Tangga merupakan elemen penting karena digunakan untuk mengakses lantai mezzanine. Pilihlah tangga yang ukurannya sesuai dengan ukuran ruangan bagian bawah dan lantai rumah, sehingga tidak terkesan sempit.

Selain itu, sesuaikan desain tangga agar tampak menyatu dengan konsep interior ruangan utama. Desai tanggai spiral atau tegak bisa menjadi pilihan yang tepat agar tidak memakan banyak ruang di rumah.

Furniture

Sumber : ruangarsitek.id

Furniture atau perabotan yang baik dapat membentuk rumah mezzanine menjadi lebih cantik. Apalagi bila ruangan tersebut dipakai untuk aktivitas sehari-hari.

Pilih furniture yang ukurannya tidak terlalu tinggi dan besar karena bisa memberikan kesan sumpek pada ruangan. Lebih baik memilih perabotan yang hemat tempat dan minimalis seperti meja lipat, kursi lipat, ataupun karpet.

Bila Anda menyukai rumah dengan lantai mezzanine, di KPRSyariah.info juga menyediakan rumah-rumah syariah dengan design mezzanine, yaitu Raqilla Residence Kencana Hils Cilebut Bumi Cahaya Sakura Tasnim Vintage .

Semoga informasi tentang lantai mezzanine ini bermanfaat ya.

0 Komentar